Orang BPS Jangan Jadi Pawang Hujan

Masih soal sepak bola. Dahsyat sekali pertandingan semalam. Tertinggal skor empat kosong di laga pertama dari Paris Saint Germain, akhirnya Bercelona merangsek ke perempatfinal Liga Champion Eropa dengan memukul balik PSG 6-1 di stadion Nou Camp. Pasar taruhan sebelumnya hanya memberikan 38 persen untuk Barca bisa memenangkan pertarungan besar ini. Tiga puluh persen untuk PSG dan sisanya 32 persen seri. Perkiraan para petaruh itu meleset.

Terkait perkiraan, di masjid kantor ada beberapa teman muadzin bersuara bagus. Sebut saja Arief, Carta, Andi dan Agus. Sisanya masih banyak. Dari 4 orang tadi, kemampuan pak haji Agus ini menarik perhatian saya. Irama lantunan adzannya perpaduan adzan Mekkah dan Madinah. Mendayu-dayu. Enak di dengar. Dan yang pasti, saya bisa memperkirakan waktu tempuh ke masjid. Sambil berseloroh ke seorang teman saya berkata “Pak Agus ya yang adzan?, masih bisa ngeprint dulu nih” (jangan ditiru!) Perkiraan saya biasanya tidak meleset.

Berpindah ke masjid dekat rumah. Jika shubuh di hari Jumat, sang imam biasanya akan menyampaikan bahwa dia akan membaca ayat As-Sajadah. Artinya bacaan suratnya akan panjang. Bisa sampai 10 menitan. Bagi jamaah yang rada malas dan termasuk golongan Qobran (qomat dulu baru jalan ke masjid), maka kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk menyeruput teh manis seteguk lagi sebelum berangkat ke masjid (don’t try this at home). Perkiraan mereka biasanya pas.

Setiap dilakukan press release di depan wartawan, kepala BPS biasanya selalu ditanya. “Mohon komentarnya Pak, bagaimana prediksi inflasi bulan depan? Apakah kedatangan Raja Salman akan menaikkan jumlah wisman (wisatawan mancanegara)? Bagaimana prediksi Bapak?” Wartawan memang begitu. Walau sudah dijelaskan berkali-kali bahwa BPS tidak melakukan prediksi, mereka tetap saja bertanya.

Maka, jika anda seorang Kepala BPS dimanapun anda berada, bersiaplah dengan jawaban atas pertanyaan tersebut. Jangan pernah menjawab seperti para petaruh PSG dan Bercelona karena sejatinya BPS tidak main-main dengan angka. BPS hanya menyajikan DATA fresh from the field. BPS itu apa adanya, bukan pawang hujan yang besok tau hujan atau tidak. Selamat pagi temans.

09/03/17
Pukul 06.30

#tulisanEO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s